WaGoMu News

Mengenal Origami, Seni Melipat Kertas Tradisional Jepang

Mengenal Origami, Seni Melipat Kertas Tradisional Jepang


Ori berarti "lipat"
Gami bearti "kertas"

Origami (折り紙) merupakan sebuah seni tradisional melipat kertas yang berasal dari Jepang. Namun, seiring perjalanannya, origami kini menjadi suatu bentuk kesenian modern. Bahan yang digunakan biasanya adalah kertas atau kain yang berbentuk persegi empat, dan dibuat menggunakan tangan dengan sangat rapih dan teliti.


Sejarah Origami


Origami adalah sebuah kesenian yang dipercaya secara turun temurun sejak kertas mulai dikenal di abad pertama Tiongkok pada tahun 105 oleh seorang bernama Ts'ai Lun.

Kemudian, pada tahun 510 pada zaman Asuka (pemerintahan kaisar wanita Suiko), seorang biksu Buddha bernama Doncho atau Dokyo yang berasal dari kerajaan Goguryeo, Korea datang ke Jepang untuk perkenalkan cara membuat kertas dan tinta. Seni ini pun berkembang mulai dari zaman Muromachi(1333 - 1568) kemudian zaman Edo (1603 - 1867), dan karena harganya sangat mahal saat itu, maka penggunaannya terbatas.

Awalnya bentuk origami tradisional berbentuk bangau, namun seorang seniman origami bernama Akira Yoshizawa (1911 - 2005) menciptakan inovasi model model baru yang membawa perkembangan pada origami. Beliau membuat sebuah sistem diagram yang utnuk menunjukkan langkah-langkah melipat suatu bentuk origami yang lebih mudah untuk dipahami. Kemudian, sistem ini dikenal dengan Sistem Yoshizawa-Randlett yang kini sering digunakan sebagai instruksi melipat origami.

Mengenal Origami, Seni Melipat Kertas Tradisional Jepang


Ada sebuah kertas khusus yang umum digunakan saat membuat origami, yaitu kertas lokal Jepang bernama Washi. Washi dibuat menggunakan metode tradisional Jepang, dan berbeda dengan kertas yang dibuat dnegan mesin, Washi memiliki serat yang lebih panjang sehingga washi bisa dibuat lebih panjang namun tahanal lama dan tidak gampang lusuh dan robek. Di Jepang, Washi juga digunakan sebagai bahan uang kertas sehingga uang kertas di Jepang tidak mudah lusuh dan robek.

Jenis-Jenis Origami



Mengenal Origami, Seni Melipat Kertas Tradisional Jepang


1. Tsuru
Burung bangau dikenal memiliki sifat yang kuat, manis, cantik, dan suaranya yang istimewa sehingga ornang Jepang sendiri menghargai arti dan makna penting dari bentuk burung bangau ini. Maka dari itu, bentuk tsuru menjadi menjadi bentuk paling tradisional dari origami.

Mengenal Origami, Seni Melipat Kertas Tradisional Jepang


2. Katashiro
Merupakan representasi seorang dewa yang terbuat dari guntingan kertas khusus yang disebut dengan Jingo Yoshi (kertas kuil) dan sudah sering dipergunakan di upacara-upacar Shinto di Kuil Ise pada masa kuno.




    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Lainnya)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Mengenal Origami, Seni Melipat Kertas Tradisional Jepang
      Komentar(0)